Breaking News
Bagi bapak ibu yang mau menerbitkan artikel di KilasRakyat.com bisa kontak kami melalui whatsaap/Telpon/Sms di 081241591996. Kami Tunggu yaa (GRATIS... TIS.... TIS)

Uji Bacaleg PKB, Prof AS Hikam Bicara Tantangan Demokrasi

uji bacaleg pkb prof as hikam bicara tantangan demokrasi 0c73577

KILASRAKYAT.COM, JAKARTA – DPP Partai Kebangkitan Bangsa () kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI yang memasuki hari terakhir, Jumat (3/3/2023).

Prof , dosen di Jurusan Hubungan Internasional President University berharap bacaleg yang diseleksi memiliki kualitas tinggi sehingga cita-cita dan terget bangsa bisa tercapai.

”Sebab demokrasi kita semakin hari semakin mendapatkan tantangan. PKB di bawah pimpinan Gus AMI (Cak Imin) Insya Allah akan menjadi salah satu bagian untuk memperjuangkan dan mempertahankan serta mengembangkan sistem demokrasi konstitusional yang menjadi cita-cita para pendiri partai ini,” kata saat menguji para bacaleg di kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat.

Staf Khusus Wakil Presiden mengaku sangat senang bisa menjadi bagian dari tim penguji eksternal bacaleg DPR RI dari PKB.

”Saya sangat mengapresiasi mekanisme yang dipilih oleh PKB guna menentukan caleg-caleg ini menjadi tradisi baru dari pola rekrutmen bacaleg. Harapannya tentu PKB mendapatkan caleg-caleg yang proper, berintegritas dan punya basis akar rumput yang kuat serta menjadi aspirator bagi masyarakat di dapilnya masing-masing,” ujarnya.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu yang juga Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu PKB mengatakan pihaknya sengaja melibatkan penguji eksternal agar caleg yang terjaring benar-benar caleg yang memiliki kapasitas mumpuni, juga memiliki integritas tinggi sebagai calon wakil rakyat.

”Jadi selain penguji internal, kami juga melibatkan penguji eksternal dari berbagai latar belakang profesi. Ada akademisi, jurnalis, politikus senior, staf khusus wapres dan juga berbagai background profesi lainnya. Kami ingin hasil dari UKK ini benar-benar menghasilkan bacaleg yang terbaik dan punya integritas tinggi untuk kepentingan bangsa,” ujar Jazilul.

Dia menyebut bahwa UKK ini tidak hanya dilakukan untuk bacaleg DPR RI, namun juga bacaleg DPR kabupaten/kota dan provinsi.

Pelibatan pihak eksternal ini juga sebagai bentuk keterbukaan yang dilakukan DPP PKB dalam proses penjaringan bacaleg.

Jazilul menuturkan tingginya antusias bacaleg PKB ini membuat pihaknya sangat optimistis bisa meraih target yang sudah ditetapkan pada mendatang yakni meraih 100 kursi DPR RI dan menempatkan PKB di posisi minimal dua besar atau keluar dari jebakan partai menengah.

Diketahui, pada hari terkahir ini jumlah peserta yang diuji mencapai lebih dari 90 bacaleg.

Hingga saat ini total daftar sementara bacaleg DPR RI dari PKB ada sebanyak 531 orang, bacaleg DPRD Provinsi 2.177 orang, dan bacaleg DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 15.419 orang.

Selain AS Hikam dan , para bacaleg juga diuji sejumlah nama, yakni Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) yang juga mantan Wakil Ketua DPD RI dan mantan anggota DPR RI dari Fraksi PPP Akhmad Muqowam.

Kemudian, Koordinator PKPNU KH. Munim DZ, Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraeni, Yusuf Mars, Teguh Santosa, dan Ketua AIPI Dr. Alfitra Salam.

Dua Dekan Fisip Kampus Ternama Ikut Uji Bacaleg Pkb
4 hari yang lalu dewan pimpinan pusat partai kebangkitan bangsa dpp pkb kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan ukk tahap ii bagi bakal calon

Aktivis Tionghoa Ungkap Pkb Terbuka Untuk Semua Etnis Dan Agama
Aktivis muda tionghoa ardy susanto menyatakan partai kebangkitan bangsa pkb merupakan partai inklusif yang terbuka untuk semua etnis dan

Pkb Kota Malang Lakukan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bakal Caleg
Fatchullah menuturkan bahwa memang bacaleg yang daftar didominasi oleh generasi milenial uji kelayakan dan kepatutan digelar untuk

Pembukaan Uji Kelayakan Dan Kepatutan Bacaleg Pkb Kompas Id
Pkb menggelar kegiatan uji kelayakan dan kepatutan untuk membekali para bacaleg pkb agar lebih kompeten dan siap dalam pemilu 2023 sehingga

Uji Kelayakan Bacaleg Pkb Kalbar Suaraindo Id
Uji kelayakan dan kepatutan dilaksanakan pkb kalbar usai berhasil menjaring puluhan nama figure potensial bakal caleg provinsi

Uji Kelayakan Bacaleg Pkb Menargetkan 100 Kursi Di Parlemen
Askara dewan pimpinan pusat dpp pkb mulai menggelar uji kelayakan dan kepatutan ukk bakal calon legislatif bacaleg dpr ri

Dua Dekan Fisip Kampus Ternama Ikut Uji Bacaleg Pkb Jurnas Com
4 hari yang lalu jakarta jurnas com dpp partai kebangkitan bangsa pkb kembali menggelar uji kelayakan dan kepatutan ukk bagi bakal calon legislatif

Dpp Pkb Gelar Uji Kelayakan Dan Kepatutan
Dewan pimpinan pusat dpp partai kebangkitan bangsa pkb melalui lembaga pemenangan pemilu lpp menggelar uji kelayakan dan kepatutan

Exit mobile version