Breaking News
Bagi bapak ibu yang mau menerbitkan artikel di KilasRakyat.com bisa kontak kami melalui whatsaap/Telpon/Sms di 081241591996. Kami Tunggu yaa (GRATIS... TIS.... TIS)
News  

Prabowo Koordinasi Dengan Mesir Untuk Kirim Kapal Rumah Sakit TNI Bantu Pasien Dari Palestina

prabowo koordinasi dengan mesir untuk kirim kapal rumah sakit tni bantu pasien dari palestina e1653de

KILASRAKYAT.COM, JAKARTA – Menteri Pertahanan RI, berbicara langsung kepada Duta Besar Palestina untuk Zuhair Al Shun di sela-sela pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma pada Sabtu (4/11/2023) hari ini.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menyatakan seluruh rumah sakit TNI siap menampung pasien-pasien dari Palestina.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina,” kata Prabowo di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (4/11/2023) hari ini.

Nantinya, kata Prabowo, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Mesir dan Palestina.

Khususnya Mesir agar bisa menampung warga Palestina di yang mengalami luka.

“Karena itu kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, utamanya Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi,” katanya.

Tak hanya itu, Prabowo menyampaikan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Mesir untuk mengirimkan kapal rumah sakit.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit, standby di sana untuk memberikan bantuan yang diberikan,” pungkasnya.

Kirim Bantuan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo () mengirim bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina di .

Total, ada 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis hingga selimut dan tenda.

Menurut , bantuan ini merupakan wujud solidaritas dan kepedulian bangsa Indonesia terhadap tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza karena serangan Israel.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Ia mengingatkan bahwa posisi Indonesia tidak berubah mengenai Palestina.

Menurutnya, tanah air bakal tetap berada di barisan pendukung perjuangan Palestina.

“Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina,” katanya.

Jokowi menjelaskan bahwa bantuan Indonesia untuk Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke Bandara El Arish, Mesir.

Nantinya, bantuan itu baru bakal dikirimkan ke Gaza.

“Bantuan ini bukan hanya dari pemerintah namun juga dari masyarakat, dari dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Ada yang dari Baznas, IHA, PMI, dari Kita Bisa dan juga dari pemerintah, TNI dan Polri,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Menteri Pertahanan RI hingga Menteri Sekretariat Negara Indonesia, Pratikno.

Selain itu, ada pula Jenderal , Panglima TNI Laksamana Yudo Margono hingga tiga Kepala Staf dari Angkatan Darat, Udara hingga Laut.

Kemudian, ada pula Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun dan sejumlah influencer yang turut mendukung aksi bantuan kemanusiaan kepada Palestina.

Exit mobile version