Breaking News
Bagi bapak ibu yang mau menerbitkan artikel di KilasRakyat.com bisa kontak kami melalui whatsaap/Telpon/Sms di 081241591996. Kami Tunggu yaa (GRATIS... TIS.... TIS)
News  

Pelaku Pembajakan Situs Film-film Anime Jepang Divonis 3 Tahun Penjara & Denda Rp 3,8 Miliar

pelaku pembajakan situs film film anime jepang divonis 3 tahun penjara denda rp 3 8 miliar 2dc4041

KILASRAKYAT.COM, TOKYO – Pelaku situs-situs dihukum 3 tahun penjara serta denda sekitar 38 juta yen atau sekitar Rp 3,8 miliar.

“Pada tanggal 26 Desember 2023, Pengadilan Rakyat Zona Pengembangan Industri Teknologi Tinggi Farmasi Taizhou, Provinsi Jiangsu, menghukum pria A selama tiga tahun penjara, penangguhan selama tiga tahun enam bulan, dan denda RMB 1,8 juta karena pelanggaran hak cipta yang dilakukan bersama,” tulis Badan Promosi Distribusi Luar Negeri Konten (CODA) dikutip dari situsnya, Senin (4/3/2024).

“Kejahatan di mana pria A adalah pelaku utamanya. Pria A ditangkap secara kriminal oleh Biro Keamanan Provinsi Jiangsu, Tiongkok, pada tanggal 14 Februari 2023, karena mengoperasikan B9GOOD, salah satu situs anime terbesar di Jepang, dan kemudian didakwa dengan penuntutan . Selanjutnya, masa banding berakhir dan hukuman menjadi final,” lanjutnya.

Badan Promosi Distribusi Luar Negeri Konten Jepang (CODA) mengumumkan pada tanggal 4 Maret bahwa operator B9GOOD–sebuah situs anime bajakan yang menargetkan orang Jepang dan diekspos di , telah dinyatakan bersalah.

Ini adalah pertama kalinya sanksi pidana dijatuhkan kepada operator dan pengunggah situs bajakan di luar negeri, akibat pendekatan dari Jepang (CODA).

Menurut alat analisis Jepang, web B9GOOD telah diakses lebih dari 300 juta kali dalam dua tahun dari Maret 2021 hingga Februari 2023.

Sebagian besar kontennya ditampilkan dalam bahasa Jepang, dan sekitar 95 persen aksesnya berasal dari Jepang, menjadikannya salah satu situs anime bajakan terbesar bagi masyarakat Jepang.

Pada Maret 2023, empat orang, termasuk operator, ditangkap dan dituntut secara pidana.

Pelaku utama, pria A, dijatuhi hukuman 3 tahun penjara, ditangguhkan (hukuman percobaan) selama 3 tahun 6 bulan, dan denda 1,8 juta RMB (sekitar 38 juta yen) karena pelanggaran hak cipta.

Wanita B, yang dibayar oleh seorang pria untuk mengunggah anime ke situs tersebut, dijatuhi hukuman 1 tahun penjara dan skorsing selama 1 tahun 6 bulan.

Wanita C dijatuhi hukuman 8 bulan penjara dan skorsing selama 1 tahun; dan pria D divonis 1 tahun penjara dan ditangguhkan 1 tahun.

Disebutkan bahwa mereka dikenakan tindakan pengurangan dan pembebasan yang diatur dalam KUHP.

Dari tahun 2008 hingga Februari 2023, pria A menyewa server di Tiongkok, Kanada, Jepang, dan lainnya dan mengoperasikan situs web bajakan, mengunggah total 45.880 anime dan video lainnya tanpa izin.

Keputusan tersebut menyatakan bahwa pendapatan iklan berjumlah 1,777 juta yuan (sekitar 37 juta yen).

CODA telah menerapkan berbagai tindakan terhadap B9GOOD sejak tahun 2016.

Dan pada bulan Oktober 2016, sebuah lembaga administratif memerintahkan mereka untuk menutup situs tersebut, namun pria A membuat situs tersebut tidak dapat dilihat di China.

Situs telah ditutup hanya untuk China. Sedangkan untuk siaran ke luar China, situs tetap bisa diakses.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsapp.

Exit mobile version