Breaking News
Bagi bapak ibu yang mau menerbitkan artikel di KilasRakyat.com bisa kontak kami melalui whatsaap/Telpon/Sms di 081241591996. Kami Tunggu yaa (GRATIS... TIS.... TIS)

Doa Sapu Jagat Dalam Tulisan Arab Dan Latin, Lengkap Beserta Keutamaannya

doa sapu jagat dalam tulisan arab dan latin lengkap beserta keutamaannya da8bc9b

KILASRAKYAT.COM – Berikut sapu jagat dalam tulisan Arab dan latin.

Dilansir pa-jepara.go.id, sapu jagat juga dikenal dengan doa selamat dunia akhirat.

Dinamakan doa sapu jagat karena di dalam doa ini terdapat seluruh keinginan manusia yang pada hakikatnya tidak jauh-jauh dari kebahagian di dunia maupun di akhirat.

Dalam Al Qur'an, doa sapu jagat termasuk dari surat Al Baqarah ayat 200 dan ayat 201.

Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqarah ayat 201 yang berbunyi:

Artinya:

“Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka.”

Berikut ini keutamaan doa sapu jagat yang dikutip dari laman BangkaPos.com:

1. Mengikuti ajaran Rasul

Menurut hadis Bukhari dan Muslim, doa sapu jagat merupakan doa yang paling banyak dibacakan oleh Rasul. Berikut bunyi hadisnya.

“Dari Anas, ia berkata, ‘Kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah Allahumma, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, waqina adzabannar.' (HR Bukhari dan Muslim).”

2. Memohon kebaikan di dunia

Doa sapu jagat memiliki makna permohonan kebaikan dunia kepada Allah SWT. Kebaikan-kebaikan tersebut dapat berupa kebaikan dalam bersikap, kemudahan rezeki, keberkahan usia dan , dan dijauhkan dari ancaman bahaya.

3. Memohon keselamatan di akhirat

Selain memohon kebaikan di dunia, doa sapu jagat juga memberikan keselamatan di akhirat. Contohnya adalah meminta perlindungan agar dijauhkan dari fitnah akhirat yang bisa memberatkan amal keburukan dan dijauhkan dari siksaan api neraka.

Exit mobile version