Breaking News
Bagi bapak ibu yang mau menerbitkan artikel di KilasRakyat.com bisa kontak kami melalui whatsaap/Telpon/Sms di 081241591996. Kami Tunggu yaa (GRATIS... TIS.... TIS)

Asal-usul Perayaan Halloween Yang Diperingati Setiap 31 Oktober, Ini Tradisinya

asal usul perayaan halloween yang diperingati setiap 31 oktober ini tradisinya 91b55dd

KILASRAKYAT.COM – Berikut asal-usul lengkap dengan tradisinya.

dapat disebut sebagai Allhalloween, All Hallows' Eve, atau All Saints' Eve.

dapat dijumpai di sejumlah negara setiap tanggal .

Tahun ini, jatuh pada Selasa, 2023, hari ini.

Asal muasal Halloween berasal dari festival kuno Samhain, dikutip dari History.com.

Bangsa yang hidup 2.000 tahun yang lalu, sebagian besar di wilayah yang sekarang menjadi Irlandia, Inggris, dan Prancis utara, merayakan tahun baru mereka pada tanggal 1 November.

Hari ini menandai akhir musim panas dan masa panen serta awal musim dingin yang gelap dan dingin, waktu dalam setahun yang sering dikaitkan dengan kematian manusia.

Bangsa Celtic percaya pada malam sebelum tahun baru, batas antara dunia orang hidup dan dunia mati menjadi kabur.

Pada malam tanggal 31 Oktober mereka merayakan Samhain, ketika diyakini bahwa arwah orang yang sudah meninggal kembali ke bumi.

Pada tahun 43 M, Kekaisaran Romawi telah menaklukkan sebagian besar wilayah Celtic.

Selama 400 tahun mereka memerintah tanah Celtic, dua festival asal Romawi digabungkan dengan perayaan tradisional Celtic, Samhain.

Festival pertama adalah Feralia.

Feralia adalah merayakan suatu hari di akhir Oktober ketika masyarakat Romawi secara tradisional memperingati kematian orang mati.

Kedua adalah hari untuk menghormati Pomona, dewi buah dan pohon Romawi.

Simbol Pomona adalah apel, dan penggabungan perayaan ini ke dalam Samhain mungkin menjelaskan tradisi menunggu apel yang dipraktikkan saat ini pada Halloween.

Tradisi Halloween

Mengutip dari Blogs.loc.gov, beberapa tradisi Halloween adalah mengukir labu, trick-or-treat dan mengenakan kostum menakutkan.

– Mengukir Jack-o'-Lantern

Tradisi mengukir Jack-o'-Lanterns berasal dari Irlandia dengan menggunakan lobak sebagai pengganti labu.

Tradisi ini diduga berdasarkan legenda tentang seorang bernama Stingy Jack yang berulang kali menjebak Iblis dan hanya membiarkannya pergi dengan syarat Jack tidak akan pernah masuk Neraka.

Tapi ketika Jack meninggal, dia mengetahui bahwa Surga juga tidak menginginkan jiwanya, jadi dia terpaksa mengembara di Bumi sebagai hantu selamanya.

Iblis memberi Jack sebongkah batu bara dalam lobak yang diukir untuk menerangi jalannya.

Penduduk setempat akhirnya mulai mengukir wajah-wajah menakutkan pada lobak mereka untuk menakuti roh jahat.

– Mengenakan Kostum Menakutkan

Untuk menghindari teror oleh semua roh jahat yang berjalan di bumi selama Samhain, bangsa Celtic mengenakan penyamaran agar mereka tidak disangka roh dan dibiarkan sendirian.

– Trick or Treat

Ada banyak perdebatan seputar asal mula trick-or-treat, namun secara umum ada tiga teori.

Teori pertama menyatakan bahwa selama Samhain, orang Celtic akan meninggalkan makanan untuk menenangkan roh yang berkeliling bumi pada malam hari.

Seiring berjalannya waktu, orang-orang mulai berpakaian seperti hantu ini sebagai imbalan atas persembahan makanan dan minuman serupa.

Teori kedua berspekulasi bahwa anugerah permen berasal dari praktik penyamaran di Skotlandia, yang merupakan versi sekuler dari ‘souling'.

Selama Abad Pertengahan, umumnya anak-anak dan orang dewasa miskin mengumpulkan makanan dan uang dari rumah-rumah setempat sebagai imbalan untuk mendoakan orang mati pada Hari Semua Jiwa.

Guisers membatalkan doanya demi praktik non-religius dengan memasukkan lagu, lelucon, dan ‘trik' .

Teori ketiga berpendapat bahwa trick-or-treat Amerika modern berasal dari ‘belsnickeling'.

Belsnickeling adalah sebuah tradisi Natal Jerman-Amerika di mana anak-anak akan mengenakan kostum dan kemudian memanggil tetangga mereka untuk melihat apakah orang dewasa dapat menebak identitas orang yang menyamar.

Dalam salah satu versi praktiknya, anak-anak diberi hadiah makanan atau camilan jika tidak ada yang dapat mengidentifikasi mereka.

– Hitam dan Oranye

Hitam dan Oranye menjadi warna tradisional Halloween.

Warna ini berasal dari festival Celtic di Samhain.

Bagi bangsa Celtic, warna hitam melambangkan kematian musim panas sedangkan oranye melambangkan musim panen musim gugur.

Exit mobile version