Penjualan Mobil Dan Motor Listrik Di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat

penjualan mobil dan motor listrik di tokopedia naik 2 kali lipat c5a6cb5

KILASRAKYAT.COM – Toko online bagian dari grup GoTo, mencatat kenaikan signifikan penjualan hingga lebih dari 2 kali lipat.

Associate Vice President Category Development , Fransiscus Leo Chandra mengatakan bahwa terjadi kenaikan secara keseluruhan selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

“Tokopedia mencatat penjualan kendaraan listrik secara keseluruhan naik signifikan hingga lebih dari 2 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022,” tertulis dalam keterangan tertulis yang diterima , Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut Leo mengatakan bahwa di Tokopedia meningkat hampir 3 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan kuartal I 2022.

Data internal Tokopedia juga mengungkap bahwa ECU (Electronic Control Unit) dan kelistrikan mobil atau , charger aki mobil dan menjadi beberapa produk terkait mobil/ listrik yang paling laris pada kuartal I 2023.

Pembeli tertinggi berasal dari daerah Medan (Sumatera Utara), Pekanbaru (Riau), Bogor (Jawa Barat), Sleman (DI Yogyakarta) dan Badung (Bali) dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari 2 kali lipat, selama kuartal I 2023 dibandingkan dengan kuartal I 2022.

“Sementara Tangerang (Banten), Malang (Jawa Timur), Palembang (Sumatera Selatan), Badung (Bali) dan Balikpapan (Kalimantan Timur) menjadi daerah dengan peningkatan jumlah pembeli motor listrik tertinggi dengan rata-rata peningkatan hampir 6,5 kali lipat, selama kuartal pertama tahun 2023 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2022,” tambah Leo.

Baca Juga :  SUV Baru Mitsubishi Siap Debut Di GIIAS 2023, Konsumen Minta Fitur Panoramic Sunroof

Leo mengungkapkan tren peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia didorong oleh berbagai infrastruktur pendukung.

“Seperti stasiun pengisian listrik yang mulai banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, serta berbagai kebijakan yang ramah terhadap pengguna kendaraan listrik,” kata Leo.

“Selain itu, makin banyak perusahaan –yang memproduksi kendaraan listrik berteknologi ramah lingkungan dengan harga terjangkau–sehingga makin banyak pula masyarakat yang mulai beralih ke mobil atau motor listrik,” tulisnya .

Lebih lanjut, Leo pun memaparkan lima kelebihan mobil dan motor listrik sebagai alternatif kendaraan konvensional.

1. Insentif dan subsidi dari pemerintah

Pemerintah mendorong penggunaan kendaraan listrik lewat berbagai kebijakan, termasuk insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen terhadap pembelian , serta subsidi Rp7 juta untuk pembelian motor listrik.

Di sisi lain, pemerintah akan meluncurkan kebijakan penanganan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), baik untuk mobil listrik maupun motor listrik, per Januari 2025 mendatang.

2. Bisa dibeli secara online

“Tokopedia juga berusaha memudahkan masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik melalui kampanye Tokopedia Garage. Masyarakat dapat membeli kendaraan listrik baik mobil maupun motor dengan diskon hingga Rp10 juta melalui Tokopedia Garage,” jelas Leo.

Baca Juga :  Bensin Etanol Diuji Pada Transmisi Otomatis Innova Reborn

“Tokopedia juga menghadirkan Auto Installation Service di mana masyarakat dapat menerima layanan pemasangan produk yang dibeli melalui Tokopedia tanpa biaya tambahan,” tambahnya.

3. Ganjil genap gratis

Aturan ganjil genap diberlakukan pada jam sibuk untuk mengurangi tingkat polusi dan kemacetan lalu lintas. Kendaraan bermotor diperbolehkan melintasi jalan pada waktu-waktu tertentu dengan menyesuaikan angka terakhir plat nomor dengan tanggal.

“Karena berteknologi ramah lingkungan yang dapat mengurangi , kendaraan listrik saat ini dibebaskan dari aturan ganjil genap. Mobil atau motor listrik punya plat khusus dengan garis biru di bagian bawah sehingga dapat dibedakan dari kendaraan konvensional, ” ujar Leo.

4. Banyak pilihan motor listrik buatan Indonesia dengan harga terjangkau

Sejumlah pelaku usaha lokal motor listrik juga memberikan berbagai penawaran eksklusif.

Misalnya, Gesits, produsen motor listrik dengan pabrik di Bogor, Jawa Barat, menyediakan diskon hingga Rp1 juta lewat Tokopedia.

Selain itu, ada Viar, di mana lokasi pabrik motor listriknya berada di Semarang, Jawa Tengah, memberikan diskon lewat Tokopedia hingga Rp1,5 juta untuk seri N1 dan N2.

Kemudian Selis, produsen motor listrik lokal asal Cikupa, Tangerang, menawarkan diskon di Tokopedia hingga Rp1 juta dan layanan servis gratis.

Baca Juga :  Indonesia Dan Inggris Menjajaki Peluang Perdagangan Baru Melalui JETCO

“Tokopedia akan terus berupaya membantu pelaku usaha otomotif di Indonesia, yang merupakan bagian dari sekitar 12 juta penjual di Tokopedia, untuk secara aktif menerapkan prinsip ramah lingkungan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategi secara jangka panjang ,” ujar Leo.

5. Pengisian daya yang lebih fleksibel

Pemilik mobil dan motor konvensional biasanya perlu mengantri di pom bensin untuk mengisi Minyak (BBM).

Di sisi lain, pengisian baterai mobil atau motor listrik dapat dilakukan di rumah dengan kapasitas daya listrik tertentu.

“Umumnya, mobil listrik membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam untuk mengisi daya di rumah dan 3-4 jam untuk mengisi daya di stasiun pengisian. Sedangkan listrik biasanya membutuhkan waktu rata-rata 2-3 jam di stasiun pengisian daya. ” kata Leo.

Dalam penggunaan listrik di rumah, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan daya listrik.

Masyarakat dapat dengan mudah menambah listrik PLN sesuai kebutuhan karena kini bisa dilakukan secara online.

“Masyarakat justru dapat memanfaatkan promo tambahan untuk mendapatkan diskon listrik sebesar Rp 500.000 setelah melakukan pembelian mobil atau motor listrik di Tokopedia,” pungkas Leo.