Sama-sama Teh Jepang, Bedanya Hojicha Dan Matcha

sama sama teh jepang bedanya hojicha dan matcha 6416a6c

KILASRAKYAT.COM, JAKARTA – dan merupakan dua jenis teh hijau Jepang yang saat ini sedang digemari masyarakat Indonesia. Namun, terdapat banyak perbedaan di antara keduanya.

Dilansir dari .co, setidaknya ada empat perbedaan antara dan hojicha.

1. Dua Warna Teh

Matcha memiliki warna hijau cerah terutama untuk keperluan upacara. Semakin rendah kadarnya maka semakin kurang cerah warna bubuk matcha tersebut.

Berbeda dengan teh hijau tradisional Jepang, hojicha memiliki warna coklat.

Warna hojicha sedikit berbeda tergantung pada waktu panen, waktu pemanggangan, dan apakah terbuat dari Sencha (teh hijau tanpa naungan), Bancha (teh hijau Jepang), atau Kukicha (teh ranting).

2. Penampilan Serbuk

Daun teh yang digunakan untuk matcha dan hojicha dikukus terlebih dahulu untuk menghentikan proses oksidasi dan fermentasi, kemudian dikeringkan.

Matcha dibuat dengan menggiling daun teh kering (Tencha) menjadi bubuk hijau halus. Sedangkan Hojicha dibuat dengan cara memanggang daun teh, batang, batang atau ranting yang digulung rapat secara perlahan.

Seperti matcha, hojicha juga bisa digiling menjadi bubuk halus yang bisa digunakan dalam persiapan makanan dan minuman.

Baca Juga :  Bacaan Dzikir Sehari-hari Beserta Huruf Arab, Latin Dan Artinya, Niatkan Memuji Dan Mengingat Allah

3. Aroma Teh

Matcha segar memiliki aroma tumbuhan, seperti yang diharapkan dari warna hijau cerahnya. Sebagai teh hijau panggang, hojicha memiliki aroma bersahaja dan berasap yang menenangkan, hampir bersifat terapeutik.

Pemilik kedai teh sering kali menyeduh hojicha untuk menarik pelanggan datang ke tokonya.

4. Perbedaan Rasa

Meskipun bubuk matcha tingkat rendah rasanya pahit, matcha tingkat seremonial memiliki rasa yang sedikit manis dengan rasa umami yang gurih dan aroma tumbuhan.

Bubuk hojicha memiliki rasa manis dan smoky alami dengan aroma kakao yang khas.

Rasa pahit apa pun yang biasanya ditemukan pada teh hijau dihilangkan dari hojicha saat daun teh dipanggang pada suhu tinggi.

Meski memiliki beberapa perbedaan, namun keduanya tetap menjadi favorit. Termasuk matcha. Hal inilah yang mendorong Kopi Kenangan menghadirkan rangkaian produk untuk para penggemar matcha di Indonesia.

Seri terbaru ini diformulasikan khusus untuk menghadirkan kelezatan matcha yang autentik.

Dengan perpaduan aroma vanilla yang memikat, untuk memanjakan selera para mantan, julukan bagi seluruh pelanggan setia Kopi Kenangan.

Peluncuran menghadirkan lima varian menu dan dibuat khusus bagi pelanggan yang ingin merasakan sensasi matcha autentik dari Kopi Kenangan.

Baca Juga :  Nggak Mudah Lupa, 4 Zodiak Ini Memiliki Ingatan yang Tajam

“Setiap orang pasti mempunyai kesukaannya masing-masing dalam memilih minuman sesuai seleranya. “Kami berharap Kopi Kenangan dapat terus menjadi solusi atas setiap keinginan yang diinginkan pelanggan,” kata CEO & Co-Founder Kenangan Brands Group Edward Tirtanata di Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Kelima varian Matcha Series tersebut terdiri dari Matcha Espresso, Matcha Latte, Oatside Matcha Latte, Freezy Matcha, dan Matcha Soft Serve.

Kelima varian ini diharapkan bisa dinikmati oleh para eksentrik dan bisa dinikmati di hampir seluruh gerai Kopi Kenangan, sejak awal September lalu.

Varian pertama, Matcha Espresso, cocok bagi pelanggan yang menyukai kombinasi teh dan kopi. Kedua, Matcha Latte untuk penggemar matcha yang creamy dan rich namun tanpa campuran kopi.

Tenang saja, bagi yang intoleransi laktosa juga bisa menikmati varian ketiga menu Oatside Matcha Latte serta varian keempat Freezy Matcha dan kelima Matcha Soft Serve yang sangat cocok untuk menyejukkan hari dan hati para mantan. .

Selain itu, kopi Kenangan hasil kolaborasi dengan Modena menghadirkan pengalaman baru menikmati Matcha Series berupa dua menu dessert spesial bertema matcha yaitu Matcha Latte Pie dan Tiramisu Matcha Espresso.

Baca Juga :  Cara Memalsukan Otot Perut (dengan Gambar)

Kedua menu hidangan penutup tersebut diciptakan khusus oleh Chef Ami, selaku Chef Modena dan 1st Runner-Up Masterchef Indonesia Season 10.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Kopi Kenangan untuk menghadirkan pengalaman kuliner kelas dunia yang akan memberikan kenangan tak terlupakan bagi pelanggan dan penggemar kami,” ujar Senior Manager Modena Corporate Communication & Partnerships Ditia Trilaksmi.

“Rasa matcha yang kaya dan menyehatkan selalu menjadi inspirasi untuk menciptakan kreasi hidangan penutup yang unik dan tak terlupakan.

“Melalui dua menu dessert yang kami hadirkan, saya berharap para pecinta kopi dan dessert mendapatkan pengalaman kuliner yang unik dan tentunya merasakan sentuhan matcha yang tak terlupakan,” ujar Chef Ami, Chef Modena dan 1st Runner-up Masterchef Indonesia S10.

Kelima varian menu Matcha Series tersebut dapat ditemukan hampir di seluruh gerai Kopi Kenangan. Bisa juga dipesan melalui aplikasi Kopi Kenangan dan juga penyedia layanan pesan-antar makanan yang bekerja sama dengan Kopi Kenangan.